Anda Pasti Kaget, Pencipta ‘Bakso’ Ternyata?

Siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya bakso? ingin bakso umum, bakso tenis tenis atau bakso apalah : D, kita mengetahui bakso dari beberapa orang jawa, terasa yang gurih pas dikonsumsi dengan kuah. Dikonsumsi waktu hawa dingin enaknya maknyus. 
Nah, siapa sesungguhnya yang pertama kalinya bikin bakso? serta bagaimanakah kisahnya? 
Diambil dari Website The Epoch Times, pada era ke 17, di Fuzhou, China, hiduplah seseorang pria bernama Meng Bo. Pria yang hidup di zaman Dinasti Ming ini sangatlah menyukai ibunya. 
Dengan usianya yang telah lanjut, ibu Meng Bo telah tak dapat lagi makan daging. Giginya tidak kuat kunyah daging, sesaat daging yaitu makanan favorite sang ibu, lantaran tidak dapat kunyah lagi, ibu juga tidak lagi berselera makan. 
Meng Bo juga sedih lihat ibunya yang tidak dapat makan daging lagi. sehari-hari dia selalu memikirkan bagaimanakah langkahnya supaya ibunya dapat makan daging lagi. 
Klik Like, peroleh up-date teranyar 
Disuatu hari Meng Bo tidak berniat lihat tetangganya tengah menumbuk beras untuk jadikan mochi. Hal semacam ini memberikannya inspirasi. Dirumah, Meng Bo segera menumbuk daging sampai lunak. Dia lalu membentuknya jadi bulat serta merebusnya dalam kuah sup. 
“Sang ibu terasa suka dengan makanan ciptaan putranya. Tidak hanya gampang dikonsumsi, terasa juga sangatlah lezat. ” 
Cerita masalah makanan serta rasa cinta Meng Bo menebar ke seantero Fuzhou. Beberapa orang berbondong-bondong belajar membuatnya. 
Beberapa warga keturunan Tionghoa yang disangka membawanya ke Indonesia. Terjadi sistem asimilasi dengan budaya Indonesia. Lantaran sebagian besar warga Indonesia beragama Islam, jadi daging babi yang umum dipakai beralih jadi daging sapi. Walaupun namanya masih tetap memakai nama bakso atau sup daging babi. 
Sampai sekarang ini Bakso jadi makanan favorite orang-orang Indonesia. Kalau dahulu Meng Bo diam saja lihat ibunya tidak selera makan, mungkin saja tidak bakal ada yang namanya bakso Solo atau bakso Malang.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar