Inilah Pertolongan Pertama Atasi Pendarahan Patut Anda Ketahui

Bila Anda merasakan rekan atau orang lain alami perdarahan disebabkan kecelakaan kecil ataupun serius, coba lakukan pertolongan pertama terhadapnya. Pertolongan simpel yang bisa dikerjakan yaitu hentikan darah lewat cara menghimpit luka.
Luka yang ditekan dengan cara terus-terusan sedikit banyak kurangi kucuran darah. Janganlah pernah melepas desakan sampai sebagian menit. Jika luka itu ada di kaki atau tangan, naikkan posisinya lebih tinggi dari kepala. Langkah tersebut tak bahaya lantaran bisa kurangi aliran darah. Bila luka seorang berlangsung di seputar telapak tangan serta jari-jari tangan, tekanlah nadi di pergelangan tangannya.
Luka di lengan dapat dibantu dengan menghimpit nadi yang ada di ketiak. Lalu tekan nadi yang ada di pangkal paha sisi depan agak ke bawah dengan sisi belakang telapak tangan Anda. Jika luka terdapat di muka, jadi tekan jari Anda pada nadi dibawah rahang bawah. Anda dapat menghimpit nadi di samping kepala pas di depan telinga bila luka seorang ada pada kulit sisi atas kepala. Serta, luka di leher atau kepala sisi belakang bisa diatasi dengan menghimpit nadi di leher bawah telinga.
Langkah menolongnya sekian, Anda dapat memakai saputangan atau kain unruk diikat di daerah seputar luka terlebih dekat pembuluh nadinya. Maksudnya, supaya darah tak mengalir terus-terusan. Ikatan saputangan atau kain sebaiknya cukup kuat untuk hentikan perdarahan. Lepaslah ikatan tiap-tiap sepuluh menit sepanjang satu menit.
Saat ikatan dilepaskan serta Anda lihat darah tak mengalir jadi janganlah diikat lagi. Setelah itu, kompres sisi terluka tadi dengan kain yang steril lantas angkat sisi badan yang terluka lebih tinggi dari sisi badan yang lain. Untuk perdarahan berat, cepatlah tekan luka kuat-kuat dengan kain bersih lantas balut serta selekasnya meminta pertolongan medis
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar