Pernah Alami Eureup-Eureup, Tidur Ditindih Makhluk Halus? Ini Penjelasannya

Pernah terbangun dari tidur, namun susah bergerak maupun berteriak? Atau orang-orang di Jawa Barat umumnya mengatakan dengan arti eureup-eureup.
Bila itu dihadapi, janganlah sekali-kali berasumsi itu disebabkan diganggu makhluk halus. Anda mesti tenang serta tak perlu lagi terasa takut untuk tidur lantaran takut alami hal itu. Lantaran, tersebut penjelasan ilmiahnya perihal permasalahan diatas!
Eureup-eureup dalam arti ilmiahnya dimaksud Sleep Paralysis. Apakah itu Sleep Paralysis?
Menurut medis, seperti ditulis Kompas. com, Sleep Paralysis yaitu situasi saat orang bakal tidur atau bangun tidur terasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, tubuh susah bergerak serta susah berteriak dimaksud sleep paralysis dengan kata lain tidur lumpuh (lantaran badan tidak dapat bergerak serta terasanya lumpuh).
Nyaris tiap-tiap orang pernah merasakannya. Sekurang-kurangnya sekali atau 2 x dalam kehidupannya. Eureup-eureup) dapat berlangsung pada siapapun, lelaki atau wanita. Serta umur rata-rata orang pertama kali alami masalah tidur ini yaitu 14-17 th..
Sleep paralysis dengan kata lain tindihan ini memanglah dapat berjalan dalam hitungan detik sampai menit. Yang menarik, waktu tindihan berlangsung kita kerap alami halusinasi, seperti lihat sosok atau bayangan hitam di seputar tempat tidur.
Karenanya tidak heran, fenomena ini juga kerap dihubungkan dengan hal mistis.

Didunia Barat, fenomena tindihan kerap dimaksud mimpi jelek inkubus atau old hag berdasar pada bentuk bayangan yang nampak. Ada pula yang terasa lihat agen rahasia asing atau alien.
Sesaat di sebagian lukisan era pertengahan, tindihan digambarkan dengan sosok roh jahat menempati dada seseorang wanita sampai ia ketakutan serta susah bernapas.

Ilustrasi : Takut tidur disebabkan cemas terkena eureup-eureup atau Sleep Paralysis. --health. kompas. com
Kurang Tidur
Menurut Al Cheyne, peneliti dari Kampus Waterloo, Kanada, sleep paralysis, yaitu sejenis halusinasi lantaran ada malfungsi tidur di step rapid eye movement (REM).
Juga sebagai pengetahuan, berdasar pada gelombang otak, tidur terdiri dari 4 bagian. Bagian itu yaitu step tidur paling enteng (kita masih tetap 1/2 sadar), step tidur yang lebih dalam, tidur terdalam serta step REM. Pada step inilah mimpi berlangsung.
Waktu keadaan badan terlampau capek atau kurang tidur, gelombang otak tak ikuti bagian tidur yang semestinya. Jadi, dari situasi sadar (waktu akan tidur) ke step tidur paling enteng, lantas segera melompat ke mimpi (REM).
Saat otak mendadak terbangun dari step REM namun badan belum, di sinilah sleep paralysis berlangsung. Kita terasa sangatlah sadar, namun badan tidak dapat bergerak. Ditambah lagi ada halusinasi nampak sosok lain yang sesungguhnya ini adalah ciri khas dari mimpi.

Diluar itu, sleep paralysis dapat juga dikarenakan suatu hal yg tidak bisa dikontrol. Mengakibatkan, nampak stres serta terbawa ke mimpi. Lingkungan kerja juga turut punya pengaruh. Umpamanya, Anda bekerja dalam shift hingga kekurangan tidur atau mempunyai pola tidur yg tidak teratur.
Janganlah Anggap Remeh
Walau umum berlangsung, masalah tidur ini pantas diwaspadai. Pasalnya, sleep paralysis dapat pula adalah tandanya narcolepsy (serangan tidur mendadak tanpa ada sinyal tanda mengantuk), sleep apnea (mendengkur), kekhawatiran, atau depresi.
Bila Anda kerap alami masalah tidur ini, baiknya buat catatan tentang pola tidur sepanjang sebagian minggu. Ini bakal menolong Anda tahu pemicunya. Lantas, tangani dengan hindari penyebab. Apabila tindihan disebabkan terlampau capek, cobalah semakin banyak beristirahat.
Kurang tidur juga tak bisa dikira sepele. Bila telah menyebabkan sleep paralysis, kondisinya bermakna telah berat. Selekasnya pelajari diri serta cukupi keperluan tidur. Upayakan tidur 8-10 jam pada pukul yang sama tiap-tiap malam.
Butuh di ketahui juga, seep paralysis biasanya berlangsung pada orang yang tidur dalam posisi telentang (muka menghadap ke atas serta nyaris pulas atau dalam situasi nyaris terbangun dari tidur).
Itu penyebab, kita butuh kerap merubah posisi tidur untuk kurangi resiko diserang masalah tidur ini.

Nah, bila tindihan dibarengi tanda-tanda lain, sebaiknya selekasnya ke dokter pakar tidur atau laboratorium tidur untuk di check selanjutnya. Umumnya dokter bakal bertanya kapan tindihan diawali serta telah berjalan berapakah lama.
Catatan yang sudah Anda bikin tadi bakal sangatlah menolong saat memeriksakan diri ke dokter.
Mitos yang Beredar Perihal Sleep Paralysis di Beragam Negara :
- Di budaya Afro-Amerika, masalah tidur ini dimaksud the devil riding your back hantu atau hantu yang tengah menaiki bahu seorang.
- Di budaya China, dimaksud gui ya shen dengan kata lain masalah hantu yang menghimpit badan seorang.
- Di budaya Meksiko, dimaksud se me subio el muerto serta diakui juga sebagai peristiwa ada arwah orang wafat yang melekat pada seorang.
- Di budaya Kamboja, Laos serta Thailand, dimaksud pee umm, merujuk pada peristiwa dimana seorang tidur serta punya mimpi makhluk halus memegangi atau menahan badan orang itu untuk tinggal di alam mereka.

- Di budaya Jepang, dimaksud kanashibari, yang dengan cara literatur disimpulkan mengikat hingga disimpulkan seorang diikat oleh makhluk halus.
- Di budaya Vietnam, dimaksud ma de yang berarti dikuasai setan. Banyak masyarakat Vietnam yakin masalah ini berlangsung lantaran makhluk halus merasuki badan seorang.
- Di budaya Hungaria, dimaksud lidercnyomas serta dihubungkan dengan kata supranatural boszorkany (penyihir). Kata boszorkany sendiri bermakna menghimpit hingga peristiwa ini ditranslate juga sebagai desakan yang dikerjakan makhluk halus pada seorang di waktu tidur.
- Di budaya Malta, masalah tidur ini dikira juga sebagai serangan oleh Haddiela (istri Hares), dewa bangsa Malta yang menghantui orang lewat cara merasuki orang itu. Serta untuk terlepas dari serangan Haddiela, seorang mesti menyimpan benda dari perak atau suatu pisau dibawah bantal waktu tidur.

- Di budaya New Guinea, fenomena ini dimaksud Suk Ninmyo. Ini yaitu pohon keramat yang hidup dari roh manusia. Pohon keramat ini bakal mengonsumsi roh manusia pada malam hari supaya tak menggangu manusia di siang hari. Tetapi, kerapkali orang yang rohnya tengah disantap pohon ini terbangun serta terjadi sleep paralysis.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar