Rencana TNI AL beli heli anti-kapal selam jadi perhatian dunia

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) selekasnya menguatkan pertahanan perairan dengan menghadirkan helikopter anti-kapal selam. Sejumlah 11 unit heli mutakhir ini bakal dibeli dari perusahaan penerbangan Airbus.

Gagasan pembelian ini rupanya mulai jadi perhatian internasional. Beberapa media berasumsi pembelian ini bisa tingkatkan kekuatan militer Indonesia dari ancaman bawah laut.

 " Skuadron penerbangan, bernama Skuadron Hawa 100, bakal di bangun untuk berikan support operasional pada armada baru 11 heli anti-kapalselam berbentuk AS-565 MBe Panther, " sekian ditulis thediplomat, Minggu (21/6).

Tak ada tanggal yang pasti skuadron ini bakal mulai beroperasi. Tetapi, sesuai sama info dari beberapa pihak di TNI AL, media ini memperkirakan skuadron bakal diawali waktu Panther pertama di terima. Hingga, unit ini bakal terbentuk awal th. depan.

 " Panter ini sudah jadi satu dari basis antikapal selam enteng/menengah paling baik didunia, dimana ada system ASW terbaru dan kemampuannya untuk dioperasikan dari kapal korvet ataupun frigat kecil, " sahut Kepala Regional Asia Tenggara serta Pasifik, Philippe Monteux di Airbus.

Diprediksikan, heli mutakhir ini bakal di terima keseluruhannya pada akhir 2017 yang akan datang. Skadron yang ditugasi untuk mengoperasikannya bakal diletakkan di Lanud Juanda, Surabaya.

Helikopter ini bakal dioperasikan untuk kapal korvet SIGMA 10514 serta korver kelas Bung Tomo. Juga sebagai perlengkapannya, heli AS-565 Panther bakal dipasangi torpedo ASW Raytheon Mk 46 atau Whitehead A. 244/S lightweight, serta termasuk juga sonar DS-100 helicopter long-range active sonar (HELRAS).

DS-100 adalah type sonar versus 1. 38 kHz dari AQS-18A yang lebih popular. Alat ini dapat mendeteksi benda sampai kedalaman 500 menter untuk pemantauan serta pencarian bawah laut. Dengan resolusi sistem dopler serta denyut yang panjang, dapat mendeteksi kapal selam walau melaju dengan kecepatan sangatlah rendah.

Berbarengan L-3, DS-100 dapat digunakan untuk mendeteksi, mengambil keputusan tujuan serta meluncurkan senjata pada tujuan kapal selam di kedalaman atau perairan dangkal.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Mantap infonya sob.. mampir balik ke blogku ya :: http://www.jembung.ga/2015/06/manfaat-dan-khasiat-kulit-manggis-untuk.html

    BalasHapus