Kapal Tenaga Surya ITS Berlaga di Jepang Agustus Nanti

Mahasiswa Indonesia kembali menguji kemampuannya berkompetisi dalam arena internasional. Kapal tenaga surya buatan mahasiswa Institut Tehnologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bakal bertanding dalam Yanagawa Solar Boat Festival 2015 di Fukuoka, Jepang, pada awal Agustus yang akan datang.

Kapal bernama Batharasuraya Solar Boat ITS ini mempunyai panjang 3, 5 mtr., lebar 0, 8 mtr., serta tinggi 0, 64 mtr.. Batharasurya bakal bertarung dalam tiga kelompok lomba. Ketiga kelompok itu yaitu Circular Course, Sprint, serta Slalom. “Kami optimistis kapal bisa meluncur dengan lincah diatas air nanti, ” kata ketua tim Batharasuraya, Muhammad Hapis, dalam launching tercatat, Senin 29 Juni 2015.

Kapal Batharasuraya itu mempunyai sarana solar panel yang berkapasitas 100 watt-peak. Dengan kemampuan itu, kapal diprediksikan dapat melaju dengan kecepatan 3 mtr. per detik atau setara dengan 5 knot. “Selain itu, lambung kapal yang memiliki bahan serat serta resin dan penambahan karbon bikin kapal ini jadi lebih enteng, ” tutur mahasiswa jurusan transportasi laut ITS itu.

Gagasannya, kapal Batharasuraya itu bakal di kirim ke Jepang pada 10 Juli 2015. Jadi praktis tim ITS cuma mempunyai saat 1 minggu untuk lakukan instalasi solar sel serta kemudi. “Kemudian, satu minggu bekasnya, kami mesti telah lakukan uji di air saat sebelum di kirim, ” papar salah satu dosen pembimbing dari jurusan design product industri, Andhika Estiyono.

Wakil Rektor Bagian Akademik serta Kemahasiswaan ITS Herman Sasongko ikut ada untuk menyemangati ke enam anggota tim. Ia menyampaikan bahwa kemenangan bukanlah maksud paling utama. “Yang terutama yaitu bagaimana caranya kita mendidik mahasiswa supaya mereka mumpuni di bagiannya, ” ucapnya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar