Apa Itu Meningitis, Penyakit yang Diderita Olga Syahputra

Komedian serta presenter Olga Syahputra wafat dunia, Jumat, 27 Maret 2015, jam 16. 17 saat Singapura, sesudah berjuang nyaris satu tahun melawan penyakitnya. Pembawa acara Edric Tjandra mewakili manajemen yang memayungi Olga menyampaikan rekanan seprofesinya itu menanggung derita meningitis sepanjang satu tahun.

 " Yang pasti, bila penyakit atau apapun itu, telah kami kasih tahu dari dahulu. Itu yaitu meningitis, " kata Edric dalam keterangannya dirumah duka, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat malam, 27 Maret 2015.

Penyanyi lagu Hancur Hatiku itu mulai diberitakan sakit pada awal 2014. Saat itu, ada tonjolan di lehernya. Tetapi, Olga menampik untuk melakukan penyembuhan. Ia menjajal penyembuhan-pengobatan alternatif.

Sepanjang itu, keadaan Olga pernah lebih baik, namun lalu lebih buruk lagi. Olga lantas memperoleh perawatan di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), Jakarta Selatan, mulai April 2014. Info tentang penyakit yang dideritanya pernah simpang siur. Beredar berita, ada sarafnya yang terjepit. Beredar berita juga, ia menanggung derita kanker otak. Tetapi, dokter yang memeriksanya saat itu menerangkan, Olga dirawat lantaran meningitis atau radang selaput otak. Olga diberitakan menanggung derita penyakit meningitis mulai sejak Juni 2014.

Artis multitalenta ini pernah dirawat di RS Pondok Indah, Jakarta, saat sebelum dirawat di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura, hingga kepergiannya untuk selama-lamanya itu.

Penyakit meningitis bisa dikenali lewat beberapa tanda-tanda umum yang menyertainya. Tanda-tanda umum ini menurut dokter dari Divisi Alergi Imunologi Klinik, Departemen Pengetahuan Penyakit Dalam RSCM, Irislah Rengganis, yaitu sakit kepala, demam, batuk, pilek, kaku kuduk, serta radang tenggorokan.

 " Ada juga tanda-tanda lain termasuk juga meningkatnya kepekaan pada sinar jelas, kerap terasa gelisah dan nampak ruam merah serta ungu pada kulit, " kata Irislah seperti ditulis Pada.

Dokter Irislah mengungkap, pada tingkat lanjut, seorang dapat alami hilang kesadaran serta pingsan. Menurutnya, cuma dalam kurun 24 jam, tingkat keparahan meningitis bisa bertambah. Disebabkan terburuk, jika tak cepat diakukan, yaitu wafat dunia.

Meningitis yaitu penyakit yang dikarenakan oleh infeksi bakteri meningokokus yang menyerang selaput otak serta sumsum tulang belakang. Infeksi ini dapat berlangsung lantaran peradangan yang dikarenakan virus atau bakteri pada selaput itu.

Penyakit ini dapat gampang menyerang seorang dengan masalah system kekebalan badan, iritasi nasofaring (lantaran rokok, infeksi saluran pernapasan). Irislah menyampaikan penularan meningitis biasanya berlangsung lewat kontak segera dengan pasien atau terpaparnya cairan badan pasien lewat ludah, dahak, ingus, cairan bersin, serta cairan tenggorokan.

Untuk menghindar terserang penyakit meningitis, Irislah merekomendasikan untuk mengaplikasikan tingkah laku hidup bersih, seperti rutinitas membersihkan tangan, kenakan masker terlebih waktu melancong ke lokasi endemik meningitis, konsumsi makanan serta minuman dengan konsumsi nutrisi seimbang, serta vaksinasi.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar