Inilah Pertolongan pada Penderita Gigitan Ular Berbisa

Serum antibisa mesti disuntikkan kurun waktu yg tidak melebihi tiga jam sesudah gigitan ular. Untuk sebagian type ular, seperti ular kobra, serum ini mesti disuntikkan secepat-cepatnya.

Tersebut beberap panduan bermanfaat bila terserang ggitan ular.

1. Janganlah gerakkan sisi yang digigit. Makin banyak bergerak, dapat ular bakal makin cepat menebar ke semua badan. Orang yang digigit ular dilarang jalan satu langkah juga. Angkut dengan usungan ke puskesmas atau rumah sakit.

2. Ikatan lengan atau kaki, pas diatas luka gigitan, dengan sehelai kain. Janganlah mengikat terlampau kencang serta longgarkan sebentar, bila denyut nadi tak teraba.

3. Balut kain diatas luka keseluruhnya tangan atau kaki yang digigit ular itu.

4. Gunakan bidai untuk menghindar kaki terluka tak bergerak. Usunglah pasien ke puskesmas paling dekat. Ikatan balut atau kakin itu dilewatkan hingga pasien telah di beri obat pelawan dapat ular.

5. Mintalah suntikan obat pelawan dapat (serum antibisa) ular yang pas bila ada petugas kesehatan. Cermati panduan pemakaiannya serta seluruhnya peringatan yang didapatkan untuk menghindar schock alergi.

Supaya bisa beroleh manfaat yang sejumlah mnungkin, serum antibisa mesti disuntikkan kurun waktu yg tidak melebihi tiga jam sesudah gigitan ular. Untuk sebagian type ular, seperti ular kobra, serum ini mesti disuntikkan secepat-cepatnya.

Catatan : Setiap daerah memiliki type ular berbisa yang tidak sama serta membutuhkan antibisa yang tidak sama juga. Anda mesti tahu antibisa apa yang ada di daerah Anda. Bersiaplah senantiasa.

Siapkan antibisa ular serta tekuni lebih dulu, bagaimana caranya memakainya. Saat sebelum ada peristiwa seorang digigit ular.

6. Bila ada es batu, bungkuslah sebagian bungkah es dengan kain yang tidak tipis serta kompreskan di seputar anggota gerak yang digigit ular.

7. Bila muncul sinyal tanda infeksi (kemasukan kuman penyakit), pakai penicillin (obat pelawan kuman).



Sinyal Gigitan Ular Berbisa :

Kesakitan pada tempat gigitan kurun waktu 30 menit
Bengkak di seputar gigitan sesudah satu jam
Tubuh lemah
Keluar air liur berlebihan
Mengantuk
Lumpuh pada otot muka, bibir, lidah, serta saluran napas
Desakan darah menurun
Mata sayu
Pandangan kabur
Tubuh berkeringat
Sakit yang sangatlah di bagian perut
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar