JIKA DIBACA SAMPAI PAGI, NISCAYA KAU LIHAT MALAIKAT TANPA PENGHALANG

Malam itu Usaid bin Hudhair tengah membaca al-Qur’an. Dalam kisah Imam Bukhari dijelaskan bahwa yang di baca yaitu surat al-Baqarah. Oleh Usaid, narasi ini di sampaikan pada Muhammad bin Ibrahim, bahwa di dekatnya ada kuda yang ditambatkan. Di tengah-tengah bacaan, kuda yang tertambat itu berputar-putar.

Mau tahu pemicunya, seperti diceritakan juga pada Yazid bin al-Hadad dari Muhammad bin Ibrahim, Usaid juga berhenti seraya lakukan penelusuran. Rupanya, ia tidak merasakan apapun yang mengakibatkan kudanya berputar-putar. Serta, waktu Usaid hentikan bacaannya, kudanya tenang kembali.

Jadi, seperti diceritakan dari al-Laits dari Yazid bin al-Hadad, Usaid juga meneruskan bacaannya. Saat itu, kudanya kembali berputar-putar. Lalu, Usaid juga hentikan bacaannya. Seperti terulang, kudanya juga kembali tenang. Berulang-kali demikian ; kudanya berputar waktu Usaid membaca al-Qur’an, serta kembali tenang saat ia hentikan bacaan.

Karena anaknya yang bernama Yahya tidur di dekat tambatan kudanya, Usaid juga hentikan bacaan. Lalu, dia lihat ke langit. Disana, ia lihat sinar putih seperti lampu yang bergerak ke atas, sampai menghilang.

Pagi harinya, Usaid menghadap pada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam untuk menyampaikan apa yang ia alami. Sebentar sesudah cerita sahabatnya itu selesai dituturkan, Nabi ajukan pertanyaan, “Wahai putera Hudhair, bila engkau selalu membacanya…” Belum usai, Usaid menuturkan bahwa ada anaknya yang tengah tertidur nyenyak di dekat tambatan kuda. Serta Usaid menceritakan sinar seperti lampu yang dilihatnya.

“Tahukah engkau, apakah itu? ” bertanya Nabi.

“Tidak, ya Rasulullah. ” jawab Usaid.

Rasul juga menjelaskan, “Itulah malaikat yang mendekat untuk dengarkan bacaanmu. ” Lanjut Nabi, “Seandainya engkau selalu membacanya (hingga pagi), ” pungkas manusia teladan itu, “niscaya saat pagi hari itu manusia akan lihat malaikat itu tanpa ada terhambat. ”

Inilah diantara hikmah serta kandungan agung dari surat al-Baqarah dengan cara spesial serta membaca al-Qur’an pada umumnya. Bahwa malaikat bakal selalu dengarkan bacaan seorang, lalu mendoakan siapa yang berkumpul di suatu majlis untuk membaca, menghapal, serta menadabburi apa yang terdapat didalam kitab suci golongan muslimin itu.

Pasti, dari hadits ini kita memperoleh banyak hikmah ; termasuk juga dari peristiwa tak terlihatnya malaikat karena Usaid hentikan bacaannya. Hikmah itu cuma didapat untuk mereka yang lurus imannya, sedikit ajukan pertanyaan perihal suatu hal yg tidak butuh, serta mendengar dan patuh pada sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam.

Jadi, bila kehendaki turunnya malaikat ke rumahmu, perbanyaklah membaca al-Qur’an di dalamnya. Ya Allah, jadikanlah al-Qur’an juga sebagai rekan kami didunia serta syafaat untuk kami nantinya di Hari Kiamat.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar