Jokowi marah soal dwelling time, Menteri Rini tak mau disalahkan

Belum terlepas dari ingatan kita waktu Presiden Joko Widodo geram di dalam sidak ke Pelabuhan Tanjung Priok. Jokowi berang karena saat bongkar muat (dwelling time) di pelabuhan itu masih tetap belum sesuai sama tujuan, minimum 4, 7 hari. Dia juga meneror akan memecat menteri serta petinggi yang bertanggungjawab atas hal semacam ini bila tak dapat meraih tujuan yang diputuskan.

Menteri Tubuh Usaha Punya Negara (BUMN) Rini Soemarno tidak ingin disalahkan atas lamanya saat bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok. Dia membela anak buahnya di PT Pelindo II, juga sebagai penanggung jawab Pelabuhan, dengan menjelaskan bahwa tanggung jawab Pelindo II cuma hanya memperlancar aktivitas bongkar muat peti kemas. Dengan kata lain, perusahaan pelat merah itu tidak dapat disalahkan atas lamanya saat inap atau dwelling time peti kemas di terminal pelabuhan.

 " Bila dipandang dari sistem bongkar muatnya barang, untuk lalu container ditumpuk Pelindo II telah cukup baik, " kata Rini, di Jakarta, Sabtu (20/6) malam.

Rini malah mengklaim sistem bongkar muat di Tanjung Priok telah setara pelabuhan Hong Kong. " Serta Hongkong itu pelabuhan ke tiga paling besar serta paling baik didunia. "

Bekas Menteri Perindustrian serta Perdagangan masa Megawati ini malah menyalahkan sistem saat sebelum kontrol Bea Cukai juga sebagai titik masalah lamanya sistem bongkar muat. Bukanlah tanpa ada argumen, karena di sistem ini banyak lembaga. Seumpama, barang impor mesti lebih dahulu mengatur dokumen perizinan di Kementerian Perdagangan.

Lalu, bila peti kemas diisi penganan, jadi mesti memperoleh izin Tubuh Pengawas Obat serta Makanan (BPOM). Sesaat bila berbentuk product tumbuhan mesti ada dokumen dari Kementerian Pertanian.

 " Jadi sistem ini yang lalu mesti dikerjakan. Nah, kemudian lalu masuk lagi ke Bea Cukai baru kelak (barang) keluar. "
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar