Percaya Ga Di Zimbabwe, Uang 100 Miliar Dollar Hanya Bisa untuk Beli 3 Telur

Bila dalam buku tabungan Anda ada suatu angka dengan jejeran 15 0 di belakangnya, jadi Anda dapat berasumsi diri juga sebagai orang kaya.

Tetapi, tak sekian untuk warga Zimbabwe yang minggu ini pasca-pemerintahnya menarik peredaran duit lokal serta menggantinya dengan duit dollar AS. Penarikan ini dikarenakan nilai dollar Zimbabwe telah sangatlah jatuh serta tak bernilai lagi.

Hiperinflasi yang berlangsung satu tahun lebih lantas menghancurkan nilai ganti dollar Zimbabwe. Saat ini, 1 dollar AS setara dengan 35 kuadriliun dollar Zimbabwe. Jumlah 35 kuadriliun yaitu angka 35 dengan jejeran 15 angka 0 di belakangnya.

Di puncak krisis ekonomi Zimbabwe pada 2008, harga beberapa barang keperluan pokok melonjak 2 x satu hari. Untuk beli keperluan pokok, seperti roti atau susu, warga Zimbabwe mesti sediakan sebagian kantong plastik untuk membawa setumpuk duit.

Disebabkan demikian tidak berharganya mata duit lokal mereka, pada 2009, warga Zimbabwe semakin banyak memakai mata duit asing, seperti dollar AS serta mata duit Afrika Selatan, rand, dalam transaksi sehari-hari.

Pecahan paling tinggi yang pernah diciptakan Bank Sentral Zimbabwe (RBZ) yaitu 100 triliun dollar yang cuma cukup untuk biaya naik bus sepanjang sepekan. Mengenai duit sebesar 100 miliar dollar Zimbabwe cuma dapat diganti dengan tiga telur. Terkecuali untuk naik bus serta beli telur, apa lagi yang dapat dibeli dengan mata duit dollar Zimbabwe?

Suatu website berbelanja online Zimbabwe tawarkan dua gulung sosis dengan harga 50, 7 kuadriliun dollar Zimbabwe atau seputar Rp 19. 000 saja. Pembersih toilet dihargai 102, 5 kuadriliun dollar Zimbabwe atau Rp 40. 000, serta sepasang sarung tangan lateks dapat didapat dengan harga 107, 4 kuadriliun dollar Zimbabwe atau nyaris Rp 50. 000.

Tetapi, mulai Senin (16/6/2015) saat setempat, warga Zimbabwe dapat menyampaikan selamat tinggal untuk mata duit mereka yang tidak bernilai itu. Pada Senin, warga Zimbabwe dapat pergi ke bank setempat untuk menukarkan duit lama mereka dengan dollar AS.

Tiap-tiap orang yang menukarkan 250 triliun dollar Zimbabwe bakal beroleh 1 dollar AS. Berarti, yang memiliki 100 triliun dollar Zimbabwe cuma bakal memperoleh duit sebesar 40 sen AS atau kurang dari Rp 7. 000 saja.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar