Rencana TNI AU beli jet tempur Sukhoi Su-35 jadi sorotan dunia

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Hawa (TNI AU) bakal memperbaharui armada tempurnya dengan beli pesawat Sukhoi Su-35 Flanker. Pembelian ini dikerjakan untuk ganti pesawat F-5 Tiger buatan Amerika Serikat yang telah makin uzur.

Gagasan pembelian Su-35 oleh TNI AU nyatanya jadi sorotan dunia. Beberapa website persenjataan dunia turut menyoroti masalah pembelian jet tempur mutakhir ini. Dapat dibuktikan pembangunan alutsista TNI cukup diawasi dunia.

Website airforce-technology. com serta defenseworld. net, laman yang mengulas spesial kemampuan tempur hawa ini melaunching kemauan Indonesia beli peralatan mutakhir buatan Rusia itu.

Dengan mengutip pernyataan Kepala Staf Angkatan Hawa (Kasau), Agus Supriatna, pesawat Su-35 masuk ke daftar pembelian yang dikerjakan mulai th. ini. Terkecuali Su-35, Indonesia juga mengincar F-16 Block 52+ Fighting Falcon, Eurofighter Typhoon, serta Swedish JAS 39 Gripen fighters.

Menurut Agus, Su-35 masuk dalam daftar incaran lantaran bisa penuhi keperluan alutsista TNI Angkatan Hawa, serta lebih gampang dioperasikan. " Seluruhnya dapat dipesan, namun kami juga sebagai operator mau empat pesawat baru, " katanya.

Hasrat itu memperoleh respon positif dari Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin. Dia mengharapkan supaya pembelian pesawat ini dapat terealisasikan.

 " Kerja sama militer pada ke-2 negara sudah terbangun sekian waktu lalu, serta kami mau meningkatkannya lagi, " kata Mikhail.

Walau demikian, Indonesia masih tetap belum mengambil keputusan type pesawat tempur untuk menukar F-5 E Tigers buatan Northrop Grumman. Sekarang ini, TNI AU masih tetap mengoperasikan 11 F-5E/F yang bermarkas di Skadron 14 Lanud Iswahyudi.

Sukhoi Su-35 adalah jenis teranyar dari Su-27M Flanker, dimana ada penambahan pada kekuatan superioritas tempur hawa, serta di desain supaya dapat menembak beragam tujuan dengan memakai peluru kendali ataupun non-kendali.

Pesawat ini di desain Sukhoi serta di buat oleh Komsomolsk-on-Amur Aircraft Production Association. Pesawat saat ini jadi andalan Angkatan Hawa Rusia.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar