Tahukah Kamu! Kopaska yang ajari pasukan elite Malaysia bertempur

Pasukan Khas Laut (Paskal) di kenal juga sebagai pasukan paling elite Tentara Diraja Malaysia. Latihan Paskal dikatakan sebagai yang terberat di negara jiran itu.

Diantara rekan-rekannya di Malaysia, Paskal mempunyai nama harum. Merekalah andalan Malaysia untuk misi-misi kontrateroris. Maklum lokasi Selat Malaka yang di kenal riskan mewajibkan Malaysia mempunyai pasukan spesialisasi laut. Terdaftar sekian kali Paskal sukses membebaskan kapal yang dibajak lanun.

Pasukan Baret Ungu ini dapat mempunyai andil dalam membebaskan kapal Malaysia dari perompak Somalia.

Tetapi ketangguhan Paskal rupanya tidak dapat dilepaskan dari Komando Pasukan Katak TNI AL. Pada beberapa manusia kodok dari Indonesialah Paskal pertama kalinya menimba pengetahuan. Sampai saat ini juga terkadang masih tetap ada latihan berbarengan antar dua unit elite ini.

 " Gurunya Paskal (pasukan spesial AL Malaysia) itu Komando Pasukan Katak (Kopaska) kita, " tutur Laksamana TNI Agus Suhartono yang waktu itu masih tetap menjabat Kepala Staf TNI AL

Agus menyampaikan itu dalam jumpa pers Komunitas Kiat TNI AL di Seskoal, Jakarta Selatan, Rabu (21/4/2010) lantas.

Pria yang lalu jadi Panglima TNI ini menuturkan, terdapat banyak tehnik bertempur yang di ajarkan beberapa pelatih Kopaska pada Paskal tentara laut Diraja Malaysia.

Sama dengan Kopaska, Paskal juga selalu meningkatkan diri. Mereka teratur mengadakan latihan dengan Navy Seal, atau pasukan spesial Inggris serta Australia.

Tetapi Agus memberikan, kekuatan personel Kopaska masih tetap tambah baik. Untuk persenjataan perseorangan serta tim, senjata Kopaska juga tidak kalah dari Paskal.

 " Kekuatan kita masih tetap lebih hebat, " kata Laksamana Agus.(merdeka.com)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar