Tak disangka, pohon pandan ini jadi tanda keberadaan berlian

Pandan umumnya digunakan juga sebagai penambahan penyedap atau pewarna makanan di rumah-rumah. Tetapi, pohon pandan satu ini terbilang istimewa, lantaran keberadaannya jadi sinyal berlian tersimpan di bawahnya.

Pandanus candelabrum, spesies pandan langka asal Afrika ini oleh ilmuwan Kampus Miami, Amerika, disebutkan cuma tumbuh diatas tanah yang di dalamnya tersimpan berlian. Walau sebenarnya, awalannya pandan ini tak pernah dilirik lantaran dikira juga sebagai tumbuhan gurun umum.

Butuh di ketahui, berlian adalah type batuan mulia yang terbentuk jauh didalam tanah. Berlian baru bakal naik ke permukaan sesudah terdorong oleh kesibukan vulkanik gunung berapi.

Lantas, berlian-berlian itu bakal terkumpul didalam pipa bawah tanah yang dimaksud kimberlite. Nama kimberlite di ambil dari daerah diketemukannya pipa berlian pertama, Kimberley, Afrika Selatan.

Nah, pandan spesies Pandanus candelabrum beberapa waktu terakhir diklaim cuma tumbuh di tanah pas diatas pipa kimberlite. Tidak ayal, pandan langka itu menyabet gelar tumbuhan pertama sebagai sinyal kehadiran berlian.

 " Pemburu berlian juga bakal berlomba-lomba temukan pandan langka ini bak orang hilang ingatan, " tutur salah satu pakar geologi Kampus Miami, Gizmodo (06/05).

Walau demikian, temukan pandan P. candelabrum tak lah gampang. Karena, pandan langka ini umumnya tumbuh tersembunyi di tengah-tengah semak-semak padang gurun Afrika.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar