Waspada, Sakit Gigi Bisa Berujung Kanker

Ahli kesehatan gigi serta mulut Rumah Sakit Gigi serta Mulut Royal Dental Hospital Drg Johanes Hendri SpBm MKes meminta orang-orang mewaspadai kanker yang berawal dari gigi yang sakit.

 " Orang-orang butuh siaga dengan sakit gigi, lantaran persoalan gigi yang kompleks dapat mengakibatkan kanker mulut, " tutur Johanes dalam konferensi pers di Serpong, Tangerang, Banten, Selasa.

Pemicu sakit gigi, lanjut dia, bukan sekedar masalah gigi berlubang atau karies. Gigi berlubang yang alami infeksi dapat menyerang jantung, masalah pernafasan, stroke, serta otak.

Gigi berlubang dapat juga tingkatkan stroke kian lebih 50 % pada umur 25-54 th.. Sesaat, untuk pasien diabetes memiliki kemungkinan tiga kali menanggung derita penyakit gusi.

Diluar itu, kanker dapat juga berlangsung di mulut. Kanker menyerang jaringan lunak serta keras. Usaha pengobatannya dengan kemoterapi.

 " Kanker pada mulut dapat dideteksi dari ronsen. Bila ada tonjolan di rahang, besar kemungkinan tumor yang di kuatirkan dapat berlanjut ke kanker, " jelas dia.

Gigi berlubang karena sebab ada pengikisan e-mail gigi oleh bakteri pemicu gigi berlubang " Mutans Streptoccoci ".

 " Bakteri itu merubah sisa-sisa makanan yang tersisa pada gigi jadi senyawa asam. "

Oleh karenanya, lanjut dia, saat sebelum persoalan pada gigi merambat ke organ yang lain, sebaiknya orang-orang m enjaga kesehatan gigi serta mulut.

 " Tiap-tiap enam bln. sekali, mesti dikerjakan penelusuran pada gigi untuk menghindar berlangsung rusaknya gigi, "
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar