Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung

Kurang berolahraga, konsumsi makanan instan, kurang istirahat serta desakan stres, yaitu beberapa hal yang sering dihadapi warga kota besar. Melakukan gaya hidup yg tidak sehat bakal beresiko jelek pada kesehatan, satu diantaranya bisa menyebabkan penyakit jantung. Serangan jantung juga tempati peringkat pertama pemicu kematian di Indonesia.

Penyebab

Penyakit jantung karena sebab penyempitan pembuluh darah disebabkan tumpukan cholesterol atau protein lain yang datang dari makanan yang masuk pada badan. Penumpukan ini dapat mengakibatkan pembuluh darah koroner jadi kaku. Kekakuan ini dikatakan sebagai aterosklerosis, yang berlangsung bila ada penumpukan plak atau timbunan lemak pada dinding-dinding arteri. Selang sekian waktu, plak bisa menumpuk, mengeras serta mempersempit arteri dan menghalangi aliran darah ke jantung. Penyakit arteria koroner atau coronary heart disease (CAD) inilah yang pada intinya membimbing pada beberapa besar serangan jantung.

Penyumbatan dalam satu arteri koroner atau semakin dapat menyebabkan serangan jantung dengan cara mendadak. Pemicunya lantaran jantung meminta oksigen melebihi yang ada hingga menyebabkan serangan jantung. Kenapa? Jika otot jantung tak terima oksigen untuk saat yang cukup lama, jaringan di sekelilingnya bisa rusak. Tak seperti jaringan yang lain, otot jantung tak alami pergantian. Makin lama serangannya, makin banyak rusaknya pada jantung, serta makin besar besar kemungkinan wafat.

Gejala

Sayangnya, beberapa orang yg tidak mengerti bahwa dianya dapat memperoleh serangan jantung, lantaran peristiwanya memanglah demikian mendadak, dengan tanda-tanda munculnya rasa nyeri di dada. Nyeri dada kerapkali dikira sepele oleh beberapa orang. Walau sebenarnya, rasa nyeri di bagian dada itu adalah salah satu tanda-tanda penyakit jantung. Beberapa keluhan fisik yang pantas diwaspadai juga sebagai tanda-tanda penyakit jantung yaitu nyeri dada, jantung berdebar-debar, cepat letih, sesak napas, ada kisah kerap pingsan, sesak apabila tidur terlentang, sebagian organ badan membiru, dan perut serta sisi kaki membengkak. Tanda-tanda lain yang dihadapi saat seorang terkena penyakit jantung yaitu rasa nyeri yang hebat di bagian dada dibarengi mual serta muntah. Rasa tertekan atau seperti ditimpa beban, sakit, terjepit, diperas serta terbakar dibagian dada, yang bisa menyebar ke lengan kiri, leher serta punggung apabila telah kronis.


Tindakan

Janganlah cemas! Itu hal paling utama yang perlu diingat seorang apabila hadapi serangan jantung. Upayakan batuk selalu dengan sekuat tenaga! Setiap saat saat sebelum batuk, tariklah napas dalam-dalam, lalu batuklah dengan kuat, dalam serta panjang, seperti akan keluarkan dahak yang ada dalam dada. Tiap-tiap selang dua detik, tarik napas sekali serta batuk kembali sampai pertolongan tiba atau sampai terasa denyut jantung telah normal.

Maksud kita menarik napas yaitu untuk memasukkan oksigen ke paru-paru. Sedang maksud batuk yaitu untuk menghimpit jantung supaya aliran aliran darah kembali normal. Menghimpit jantung lewat cara batuk dapat juga menolong kembalikan denyut jantung jadi normal. Dengan pertolongan pertama ini diharpkan bisa memberi peluang pada pasien untuk pergi ke rumah sakit.

sumber : Eka Hospital
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar