AWAS Shaken Baby Sindrom Hindari Mengguncangkan tubuh Bayi Anda!

Tahukah Anda, satu tahun lebih silam, pakar kedokteran mengidentifikasi satu type penyakit yang serius pada bayi, namanya “Sindrom Kematian Mendadak” – Salah satu pemicunya ini yaitu guncangan pada badan bayi.

Pernah lihat orang-tua yang melempar-lemparkan bayinya ke hawa lantas menangkapnya untuk mendengar sang bayi tertawa? Atau mengguncang-guncang bahunya keras sembari berekspresi lucu?

Bila Anda lakukan sekian, jadi berhentilah selekasnya. Apabila lihat orang lain berbuat demikian pada bayi mereka, cegahlah, lantaran sangatlah beresiko.

Diluar itu, rata-rata seputar 100 bayi di Jerman tiap-tiap th. alami rusaknya kronis di otak lantaran mereka diguncang-guncang pengasuhnya, yang nyaris di seluruhnya masalah, “terlalu terbebani”.

Laporan tentang angka itu berdasar pada sensus dari unit penyakit langka anak-anak di Jerman. Asosiasi Dokter Anak di Jerman memperkirakan angka bayi yang alami trauma disebabkan diguncang-guncang, sesungguhnya lebih tinggi lagi.

“ Guncangan keras sepanjang lima detik saja telah cukup untuk mengakibatkan kerusakan beberapa fungsi otak, ” kata profesor Hans-Juergen Nentwich, anggota dewan direktur asosiasi itu. ”

Kenapa guncangan pada bayi dapat bermuara pada kematian?

Menurut pakar kedokteran tadi, ini karena bayi yang masih tetap sangatlah muda belum dapat menahan kepalanya sendiri karena otot lehernya yang lemah. Mengakibatkan, bila bayi terguncang tubuhnya, kepalanya bakal bergoyang ke depan serta belakang.

Goyangan ini yang menyebabkan rusaknya otak dan pendarahan didalam otak serta pada permukaan otak, hingga bisa menyebabkan permasalahan serius pada otak sang bayi, serta bisa menyebabkan permasalahan yang berjalan permanen, seperti :

1. Rusaknya otak
2. Cerebral palsy
3. Kebutaan
4. Epilepsi
5. Kesusahan berbicara
6. Kesusahan belajar
7. Kesusahan koordinasi
8. Serangan jantung
9. Keterbelakangan mental

Tersebut disini TIPS untuk Menghindar :

1. JANGAN PERNAH MENGGUNCANG BAYI dibawah usia 3 th., dengan argumen apa pun juga.
2. Waktu Anda menggendong bayi anda, JANGAN LUPA UNTUK SELALU MENYANGGA KEPALA bayi Anda dengan tangan.
3. Katakan utamanya membuat perlindungan kepala bayi Anda KEPADA BABY SITTER atau pengasuh bayi anda.
4. PASTIKAN kebanyakan orang yang dekat serta kerap menggendong bayi anda ketahui benar bahayanya seseorang bayi bila diguncang-guncang atau digoyang.
5. Bila dengan berniat/tak berniat, anda mengguncang-guncang bayi anda, SEGERA BAWA BAYI ANDA KE DOKTER untuk dibawa. Pendarahan didalam otak cuma bisa diobati bila anda selekasnya memberitahukan pada dokter bahwa anda barusan mengguncang bayi anda. Langkah tersebut bakal menyelamatkan.

Pada sebagian orang anak bahkan juga bisa menyebabkan kematian. Ini di kenal dengan shaken-baby-syndrome. Mengapa beresiko?

1. Bayi mempunyai kepala semakin besar dibanding dengan anggota badan yang lain, serta otot lehernya masih tetap lemah. Bila diguncang, kepalanya bakal tersentak ke depan serta ke belakang.

2. Sentakan-sentakan itu bakal mengguncang otak serta merusaknya.

3. Pembuluh darah kecilnya bakal turut rusak, menyebabkan pendarahan di otak serta sekitarnya, serta di mata bayi.

Kemungkinan paling besar yaitu pada bayi di bawah setahun, namun tak tutup kemungkinan bisa berlangsung di umur yang semakin besar. Yang perlu diwaspadai yaitu guncangan-guncangan ini bisa berlangsung malah saat kita asik bermain dengan sang bayi.

Karena itu terdapat banyak permainan serta kesibukan yang perlu dijauhi untuk menghindarnya, diantaranya :

1. Melempar bayi ke hawa.
2. Lari-lari sembari membawa bayi di punggung atau di kepala.
3. Kuda-kudaan (bayi naik ke punggung, naik ke kaki serta digoyang-goyang).
4. Memutar bayi.

Janganlah lupa di berbagi untuk mengingatkan beberapa orang di seputar sang bayi, seperti saudara-saudaranya, pengasuhnya, kakek-neneknya, tidak untuk mengguncang bayi.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar