Geger Wanita Menjual Matahari

Kesepakatan internasional memanglah melarang suatu negara mengklaim kepemilikan atas matahari ataupun benda-benda langit yang lain. Tetapi, itu tak berlaku untuk Maria Angeles Duran. Wanita asal Vigo, Spanyol, ini mengklaim mempunyai matahari. Klaim kepemilikan itu dinyatakan pada 2010 silam.

Tidak cuma mengklaim. Duran saat itu berujar bakal menarik bayaran pada kebanyakan orang atas semua pemakaian matahari. Yang lebih luar umum lagi, klaim Duran itu disadari oleh pengadilan Spanyol. Serta itu betul-betul berlangsung. Riil. Walau sampai saat ini tidak ada satupun orang di muka Bumi ini yang terima tagihan dari Duran.

Tindakan Duran tidak hingga di situ. Ambisi bisnisnya selalu meletup. Hingga beberapa waktu terakhir dia tawarkan kavling di permukaan matahari ke laman eBay. Satu mtr. persegi dia menawarkan 1 Euro atau seputar Rp 15 ribu.

Tetapi sayang, account Duran diblokir oleh eBay disebabkan tawarkan matahari. Diblokir, wanita 55 th. ini tidak terima.

Dia menuntut eBay ke pengadilan serta meminta eBay membayar 10 ribu Euro atau seputar Rp 150 juta. Duran berasumsi eBay sudah mengambil komisi darinya, tetapi tidak mengizinkannya terima pembayaran dari mereka yang beli benda angkasa yang dia jual.

Memperoleh tuntutan itu, eBay berupaya merampungkan permasalahan ini diluar ranah hukum. Tetapi Durat tidak ingin merampungkan masalah ini, terkecuali di jalur hukum. Terlebih, pengadilan di Kota Madrid menyebutkan Duran memiliki hak menyeret eBay ke pengadilan.

Pada 2010 silam, pertama kalinya mengklaim kepemilikan atas matahari, Duran menyebutkan klaimnya ini didasarkan pada hukum. " Saya tak bodoh, saya ketahui hukum, " tutur Duran saat itu.

Duran memakai celah yang ada pada " Kesepakatan Antariksa " yang menyebutkan tak ada negara yang mengklaim berdaulat atas benda langit. Menurut Duran, dianya tidak termasuk juga dalam kesepakatan itu, karena bukanlah negara.

Kesepakatan itu cuma berlaku untuk negara-negara didunia. Hingga juga sebagai individu, Duran terasa memiliki hak menyebutkan klaim atas benda langit, termasuk juga matahari.

Beberapa orang meremehkan klaim Duran ini. Banyak yang memikirkan siapa juga yang bakal beli tanah di matahari. Terkecuali jaraknya berjuta-juta mile, pasti disana tidak ada penghuninya. Meskipun ada yang nekat kesana, pasti akan tidak hingga, lantaran sangatlah jauh jaraknya. Serta yang nekat mendekat matahari, pastilah leleh di dalam jalan lantaran terbakar.

Beberapa orang bisa saja mencibir Duran. Namun lihatlah klaim wanita yang dikira aneh ini. Walau penawaran ini tampak aneh, kenyataannya Duran mengklaim bahwa penawaran yang dipasang di eBay itu ada juga penawarnya. Jumlahnya tidak sedikit. Dia mengklaim memperoleh 600 order dengan nilai 1. 200 Euro. Bila dirupiahkan seputar Rp 18 juta. (Ism, Sumber : The Independent, Metro. co. uk, Kamis 4 Juni 2015)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar