Uji coba piring terbang NASA berujung petaka

Senin tempo hari (08/06), Tubuh Antariksa Amerika, NASA, lakukan eksperimen pada piring terbang yang nantinya diinginkan dapat menolong manusia menjejakkan kaki di Planet Mars. Sayang, percobaan itu selesai dengan malapetaka.

Piring terbang itu dinamakan 'Low Density Supersonic Decelerator (LDSD). Alat itu sejatinya yaitu suatu pesawat berupa serupa donat yang digunakan oleh astronot untuk mendarat di planet Mars dengan kecepatan yang lebih aman.

LDSD dilengkapi dengan parasut spesial yang diinginkan dapat kurangi kecepatan jatuh ke daratan Mars. Mengingat waktu mendarat di Mars kecepatan jatuh LDSD dapat melebihi kecepatan nada dengan kata lain supersonik, jadi dibutuhkan alat pengerem yang dapat bikin LDSD mendarat dengan aman. Walau demikian, hal semacam itu tak dapat dibuktikan pada eksperimen tempo hari.

Sistem eksperimen dengan diawali membawa LDSD sampai ketinggian 36, 6 km. diatas permukaan air laut dengan balon raksasa. Ketinggian itu nyaris meraih tiga kali ketinggian pesawat komersil.

Pas jam 17. 35 saat setempat, NASA aktifkan roket pendorong LDSD supaya piring terbang itu dapat meraih ketinggian 54, 86 km.. Ketinggian ini dibutuhkan untuk mensimulasi sistem jatuhnya LDSD diatas planet Mars. Baru saat hingga di ketinggian yang di idamkan, LDSD bakal dilewatkan jatuh bebas serta direm dengan parasut tadi.

Malapetaka berlangsung waktu parasut 'supersonik' dari LDSD tidak berhasil terkembang, bikin LDSD jatuh ke samudra Pasifik dengan kecepatan sangatlah tinggi serta tanpa ada 'rem' apa pun. Walau sebenarnya, parasut LDSD yang diklaim juga sebagai parasut paling besar didunia itu diinginkan dapat membawa LDSD dengan selamat hingga samudra Pasifik. Kekecewaan juga saat itu juga menyelimuti ruangan kendali NASA, Daily Mail (08/06).

Parasut LDSD terdaftar mempunyai garis tengah 30, 5 mtr. serta bobot 3 ton lebih. Bila uji coba parasut itu sukses, pesawat LDSD besar kemungkinan dapat dipakai untuk mendaratkan manusia bahkan juga alat-alat riset memiliki ukuran besar di daratan Planet Merah, Mars.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. beritanya bermanfaat...jangan lupan kunbal yaah...

    http://bayusan-uchiha.blogspot.com

    BalasHapus