Inilah Doa Paling Utama dan Cepat Terkabul di Waktu Sahur

Sunnah saat sahur dimaksud sama juga dengan sepertiga malam paling akhir yang disabdakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam perihal keutamaannya :


يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepadaKu, niscaya akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepadaKu, niscaya Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepadaKu, niscaya akan Aku ampuni.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)
Nah, pertanyaan, bacaan apa yang paling penting di saat sahur? Doa apa yang paling penting dipanjatkan di saat itu?
Al Qur’an mengisyaratkan supaya saat sahur berisi memohon ampun pada Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Jadi bacaan paling penting di saat sahur yaitu istighfar. Doa yang paling penting di waktu itu yaitu doa memohon ampun pada Allah.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

“(yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah) dan yang memohon ampun di waktu sahur.” (QS. Ali Imran: 17)
Dalam menuturkan

وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ
Ibnu Katsir menerangkan bahwa ayat ini menunjukkan keutamaan beristighfar di waktu sahur.
Beberapa teman dekat umum mengamalkan istighfar di saat sahur. Umpamanya Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu. Beliau umum ajukan pertanyaan pada Nafi’. “Hai Nafi’ apakah saat sahur sudah masuk? ” Bila nyatanya saat sahur sudah diawali, Abullah bin Umar berdoa serta memohon ampun sampai saat Subuh.
Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu juga mengamalkan saat sahur untuk perbanyak istighfar. Beliau berdoa :

ربّ أمرتني فأطعتك هذا سحر، فاغفر لي

“Ya Tuhanku, Engkau telah memerintahkan kepadaku, maka aku taati perintah-Mu. Dan inilah waktu sahur, maka berikanlah ampunanmu kepadaku.”
Sekali lagi, saat sahur adalah saat paling mustajabah, gunakan dengan perbanyak istighfar. Wallahu a’lam. (muslimahcorner/bersamadakwah)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar