Kontroversi Menko Polhukam dan Menpora berujung reshuffle?

Gosip reshuffle kabinet sesudah Lebaran makin kencang berhembus. Bahkan juga beberapa nama menteri yang bakal ditukar telah beredar luas di mass media, walau belum ada konfirmasi resmi dari Istana.

Info yang didapat, jatah menteri Partai NasDem diberitakan bakal dikurangi. Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno yang disebut-sebut akan terkena 'badai' reshuffle.

Kemampuan Tedjo dinilai tak demikian baik. Bahkan juga, di beberapa peluang, politikus NasDem ini sering lakukan blunder. Umpamanya, menyebutkan pendukung KPK rakyat tidak terang serta mengintervensi Polri supaya tidak berikanlah izin Golkar gelar Munas di Bali sekian waktu lalu.

 " Janganlah membakar-bakar massa, mengajak rakyat, mari rakyat, kita ini, tidak bisa demikian. Itu satu pernyataan sikap yang kekanak-kanakan. Berdiri dengan sendiri, kuat dia. Dia bakal di dukung, konstitusi mensupport. Bukanlah support rakyat yang tidak terang itu, konstitusi yang mensupport, " kata Tedjo sekian waktu lalu.

Pasca pernyataan Tedjo, beberapa netizen bereaksi melalui meme dengan kata lain content guyonan. Tidak cuma berguyon, netizen juga mengkritik keras sampai menilainya Tedjo layak dipecat juga sebagai menteri.

Menteri Pemuda serta Berolahraga Imam Nahrawi juga diberitakan akan ditukar. Belum terang siapa yang bakal menukar posisinya di kursi panas Menpora nanti.

Nama Imam juga terakhir memperoleh sorotan umum. Bukanlah lantaran pernyataannya seperti Menteri Tedjo, namun lantaran kebijakannya yang keluarkan Surat Ketentuan (SK) pembekuan PSSI. Dengan demikian, semua liga resmi sepak bola Indonesia batal di gelar.

Ketentuan menteri Jokowi ini kembali mengundang pro serta kontra di orang-orang. Imam dinilai menyengsarakan rakyat banyak lantaran sudah membekukan PSSI. Efek atas SK Menpora di rasa luar untuk orang-orang terutama penggemar sepak bola.

Lantaran hal semacam ini bahkan juga Imam diancam hak interpelasi oleh DPR. Walau demikian nyali politikus PKB ini tidak kendor, dia terus berkeras bekukan PSSI saat sebelum ada perbaikan dari system sepak bola Indonesia.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang paling kencang mengkritik SK Menpora ini. Menurutnya, logika memikirkan Imam aneh. Karena, bila benar ada mafia di PSSI, bukanlah instansi yang dibubarkan tetapi mafianya yang di tangkap, seperti yang dikerjakan FIFA.

 " Bila ada mafia ya itu ditunjukan. Di Indonesia itu seperti gini, demikian dia tidak mampu tangani pajak dia sebut mafia pajak, tidak mampu urus sepak bola dia katakan mafia sepak bola. Demikian tidak mampu Migas dia sebut mafia Migas. Seluruhnya jadi mafia. Terminologinya pencitraan namun kenyataannya tidak ada. Yang benar itu diam saja namun seluruhnya ketangkap. Ini tidak ada, " kata Fahri.

Terkecuali dua nama itu, Rini Soemarno juga diberitakan akan dicopot dari Menteri BUMN. Penggantinya yaitu Ignasius Jonan yang digeser dari Menteri Perhubungan.

Rini memanglah yang paling santer akan ditukar. Lantaran dari pertama, Rini tak memperoleh restu dari PDIP untuk masuk di kabinet. Terakhir, Rini juga diisukan lakukan penghinaan pada Jokowi.

Akan tetapi, Presiden Jokowi belum ingin mengulas reshuffle sekarang ini. Bahkan juga Jokowi berkesan geram waktu di tanya wartawan tentang hal semacam ini. Jokowi meminta supaya kerja menteri janganlah diganggu dengan gosip reshuffle seperti saat ini.

 " Saya berikan sekali lagi janganlah mengganggu menteri yang baru konsentrasi kerja, " kata Jokowi di Cilacap, Selasa, sesudah usai lakukan kunjungan kerja ke Cilacap serta Banyumas diambil Pada, Senin (30/6).

Jokowi tampak geram waktu di tanya masalah gosip reshuffle dengan memperlihatkan raut muka yg tidak sukai serta tampak mau selekasnya mengakhiri session wawancaranya.

Di segi lain, ada sederetan nama menteri yang diisukan negatif berkenaan kemampuan ataupun gosip lain termasuk juga ijazah palsu sampai mengejek Presiden. Tetapi berkenaan reshuffle, Jokowi yakinkan itu adalah kewenangannya juga sebagai presiden.

 " Masalah serta ketentuan itu ada di Presiden, telah saya berikan berulang-kali, " tuturnya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar